detikTravel Community - Jalan-jalan ke Pemalang, ada Curug Kidang yang menarik dikunjungi. Butuh perjuangan mencapai ke sana, tapi keindahannya bikin rasa lelah hilang.

Belum habis untuk mengupas daerah Pemalang, masih tentang curug pula. Daerah yang berada di jajaran pantai utara (pantura) ini dikenal panas, namun tidak untuk wilayah bagian tengah dan selatan.

Jika di utara dijumpai pantai-pantai khas laut jawa, maka di daerah tengah menuju selatan kita jumpai pemandangan alam khas pegunungan sepanjang perjalanan hingga perbatasan Pubalingga tepat di kaki Gunung Slamet.

Kali ini saya akan mengunjungi Curug Kidang, sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Pemalang tepatnya di Desa Pedagung, Bodas, Pemalang. Berada di area perbukitan dengan akses jalan yang minim tentu suatu hal yang sulit untuk mencapai lokasi, butuh skill berkendara untuk mencapai tempat ini.

Setelah sampai di area lokasi pun kita pun harus trekking menuju air terjun dengan beberapa tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem. Namun keindahan yang ada akan membayar kelelahan itu.

Untuk menuju lokasi bisa ditempuh dari Kota Pemalang, jaraknya berkisar 30 km. Traveler bisa berangkat dari kota Pemalang menuju Kecamatan Bantar Bolang, sesampainya di Pasar Bantar Bolang arahkan kendaraan menuju daerah Kelurahan Bodas sekitar 15 km ke arah kiri dari jalan utama sebelumnya. Dianjurkan untuk menggunakan kendaraan roda dua jika belum tahu medan.

Lokasinya berada di seberang jurang, kita bisa menitipkan kendaraan ke rumah warga sebelum trekking, sekitar lima belas menit melipir bukit kita bisa mencapai lokasi. Sebuah air terjun yang tersembunyi dari keramaian, Si Curug Kidang.